PROFIL SATUAN     ARTI LAMBANG SATUAN
Ketentuan Umum.
a. Pataka Arhanud  “VYATI RAKÇA BHALA  ÇAKTI” berbentuk empat persegi  panjang, dengan ukuran  Bendera 90 X 60 Cm + Jumbai dengan Inti lambang    :  60 X 50 Cm dan Jumbai : 7 Cm.
b. Mahkota dan Tiang, Panjang tiang 250 Cm, Tinggi mahkota  25 X 15 Cm dan Garis tengah 4 Cm. 
c. Tata Warna.   Hijau (Sebagai dasar, kuning emas, hitam kain beludru).
d. Lukisan dan Susunan, Pada muka sebelah kanan terdapat lukisan Pataka Kodiklat TNI AD dengan dasar hijau dari kain beludru, tertulis “Eka Wika Yudha Cakti” dan pada muka sebelah kiri diatas dasar hijau dari kain beludru, terdapat lukisan Pataka Pusat Kesenjataan Arhanud yang bertuliskan “VYATI RAKÇA BHALA ÇAKTI ” dengan susunan sebagai berikut ;
 1) Bintang bersudut lima.
 2) Untaian padi dan kapas.
 3) Busur terentang dan Anak Panah.
 4) Tiga lintasan elektron.
 5) Pita seloka bertulisan motto “VYATI RAKÇA BHALA ÇAKTI ”.
Lambang dan Arti.
a. Pataka Kesenjataan Arhanud ini dapat diartikan secara bebas : “Prajurit perkasa sebagai tiang Negara yang bertanggung jawab terhadap keamanan angkasa”.  Suryasangkala ini dituliskan melingkar pada leher dari kepala tiang Pataka.
b. Dasar.  Dasar kain beludru berwarna hijau, melambangkan jiwa dan kepribadian TNI AD, disiplin kuat, hasrat ingin berkembang, percaya dan sadar akan penyesuaian diri dengan rakyat, tegas dan bijaksana.
c. Jumbai-jumbai.  Dari benang-benang kuning emas, melambangkan keagungan, kemegahan dan keluhuran budi.
d. Bintang sudut lima berwarna kuning emas, melambangkan “PANCASILA” sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang kita pertahankan kelangsungan hidupnya sampai akhir jaman.
e. Untaian padi dan kapas melingkar berwarna kuning emas.Melingkar melambangkan bentuk pertahanan udara kesegala penjuru dengan untaian padi dan kapas melambangkan kesejah-teraan rakyat Indonesia sesuai dengan tujuan revolusi untuk membentuk masyarakat yang adil dan makmur.
f. Untaian padi dan kapas terdiri dari  :
1) 17 helai daun kapas.
2) 8 kuntum bunga kapas.
3) 45 butir padi.
 Melambangkan angka-angka bagi bangsa Indonesia, saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 sebagai titik tolak perjuangan untuk mencapai tujuan Revolusi.
g. Busur terentang dalam keadaan tegang dengan sepucuk anak panah siap dilepaskan menghadap keatas, berwarna kuning emas, melambangkan prajurit yang senantiasa waspada, siap siaga melaksanakan tugas tanpa pamrih.
1) Pegangan busur terdiri dari 7 keratan, melambangkan “SAPTA MARGA” sebagai pedoman dan pegangan dalam pengabgdian kepada Negara, Nusa dan Bangsa.
2) Sambungan lengan busur terdiri dari 5 lilitan tali kanan – kiri melambangkan “SUMPAH PRAJURIT” yang harus kita pegang teguh.
3) Mata anak panah berbentuk segitiga, melambangkan Doktrin TNI AD “TRI UBAYA ÇAKTI” yang kita harus amalkan dan amankan, diantaranya ; Pancasila, UUD 1945 dan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi.
h. Tiga lintasan elektron berwarna kuning emas, melambangkan kemajuan teknis pertahanan udara yang akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.
i. Sehelai  pita berwarna kuning emas, bertuliskan motto berwarna hitam “VYATI RAKÇA BHALA ÇAKTI”.
Satu persatu artinya  :
-  VYATI    :  Udara, angkasa, langit.
-  RAKÇA    :  Pengawal, Penjaga.
-  BHALA    :  Tentara, Prajurit.
-  ÇAKTI    :  Sakti, Ampuh.
-  WARNA HITAM   :  Teguh, kekal abadi.
Arti keseluruhan secara bebas : Prajurit yang sakti pengawal angkasa
DANPUSSENARHANUD
BRIGJEND TNI NURCAHYO
(2017-03-18)
LINK
  • MABES TNI
  • TNI AD
  • TNI AL
  • TNI AU
GALERI FOTO
PENGUMUMAN