BERANDA     BERITA
SOSIALISASI SISFOPERS DAN SISTEM AKUNTABILITAS PENGAWASAN INTERNAL TERINTEGRASI (SAPIT) PUSSENARHANU
2018-05-24 -

Guna mendukung sistem komunikasi data yang cepat, tepat, dan aman, TNI AD telah menggelar sarana komunikasi data berupa E-Militer sebagai sarana pengiriman data/informasi/dokumen secara elektronis yang terhubung secara Online berbasis Web dengan server TNI AD untuk mendukung terlaksananya tugas pokok dengan cepat, tepat dan aman. Namun dari hasil evaluasi operasional Sisfopers Semester I TA. 2018, pemanfaatan komunikasi data E-Militer dinilai belum maksimal, khususnya dalam penyediaan data personel TNI AD. Dengan demikian, perlu adanya penyelenggaraan Sosialisasi Aplikasi Sisfopers TNI AD di satuan jajaran Pussen Arhanud dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang pemeliharaan dan pemanfaatan data personel yang dipandang sangat penting, agar kendala dan hambatan yang timbul dapat dipecahkan secara bersama-sama, sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat tercapai secara optimal. 

Disamping itu guna memaksimalkan agar Sisfopers dapat berjalan dengan lancar, para pejabat terkait harus selalu peduli terhadap data satuannya, sehingga tidak terjadi kesalahan data serta ditunjuk personil khusus yang setiap saat mampu dapat menyajikan data secara valid dan akurasi sesuai kebutuhan serta data pokok harus selalu valid dan up to date sesuai dengan Organisasi Dan Tugas (ORGAS) dan Daftar Susunan Personil dan Peralatan Personnel (DSPP). Software dalam database harus selalu di backup untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan atau kerusakan data serta selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Disinfolahta TNI AD.

Pembinaan Infolahta  bidang personel bertujuan agar Sistem Informasi Personel TNI-AD tetap terpelihara dalam rangka mendukung pembinaan administrasi  didasarkan pada skala prioritas. Kegiatan peng-inputan dan update data personil satuam maupun satker jajaran Pussen Arhanud TNI-AD menjadi dasar penting benar atau tidaknya data personil yang ada, sehingga aplikasi Sisfopers TNI-AD nantinya dapat dijadikan acuan data personil yang valid mesti harus tetap dilaksanakan pendataan manual yang sesuai standar pelaporan yang diprogramkan. Pembinaan Infolahta  dengan mensosialiasikan SAPIT (Sistem Akuntabilitas Pengawasan Internal Terintegrasi) untuk  mempermudah pengawasan administrasi didasarkan pada kelengkapan dokumen program satuan secara online, sehingga SAPIT nantinya bisa dijadikan bahan acuan Komando atas dalam mengawasi program kerja yang dilaksanakan oleh satuan jajaran Pussen Arhanud.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi Sisfopers ini, diharapkan personil Pussen Arhanud TNI-AD semakin memahami pentingnya Sistem Informasi, dan bagi Pejabat yang terkait dengan pengelolaan Sisfopers Online di jajaran Pussen Arhanud TNI-AD dapat melaksanakan pengelolaan informasi personel dengan baik, benar dan akuntable, sehingga semua yang berhubungan dengan pengelolaan Sisfopers TNI AD dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta data personel dapat disajikan secara valid, akurat dan  up to date sesuai kondisi yang nyata. (Infolahta/Pussenarhanud)



DANPUSSENARHANUD
TOTO NUGROHO, S.I.P., M.Si.
KOLONEL ARH
LINK
  • MABES TNI
  • TNI AD
  • TNI AL
  • TNI AU
GALERI FOTO
PENGUMUMAN