Pencapaian TNI AD dalam kejuaraan internasional, baik itu pada ajang Asean Armies Rifle Meet (AARM) di Singapura maupun ajang Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) tak lepas dari sumbangsih besar yang ditorehkan oleh salah satu anggota Batalyon Arhanud 16/SBC.

Kopda Rusli dengan NRP 31060741351085 yang merupakan prajurit binaan Yon Arhanud 16/SBC menyumbangkan prestasi besar bagi TNI AD khususnya dan NKRI pada umumnya.

Pada ajang tahunan AARM saja yang dipusatkan di Singapura, Kopda Rusli menyumbangkan 5 emas untuk tim beregu dan 1 emas kelas individual. Sedangkan pada ajang internasional AASAM, Prajurit Arhanud 16/SBC ini menyumbangkan 3 emas untuk kelas beregu dan 1 perak untuk kelas individual.

Seperti diketahui ajang AASAM ini digelar oleh Angkatan Darat Australia atau Royal Australian Army yang dihelat selama 18 hari di Military Range, Victoria Australia.
Pada ajang ini diikuti oleh negara, Indonesia, Jepang, Selandia Baru, Thailand, AS, Korea, Kanada, Singapura, Brunei, UEA, Inggris, Fiji, Tonga, Timor Leste, Kamboja dan Australia sebagai tuan rumah.

Pada ajang yang memperlombakan materi senapan, pistol dan sniper ini, TNI AD Indonesia keluar sebagai juara umum untuk yang kesekian kalinya.

Melihat prestasi yang ditorehkan oleh Kopda Rusli, diapresiasi oleh Komandan Batalyon Arhanud 16/SBC, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi dengan memberikan penghargaan pada Sabtu malam, (09/06/2018) disela-sela peresmian Cafe Maleo.

Menurutnya, prajurit yang berprestasi sepatutnya diapresiasi dengan diberikan Tanda Kehormatan Prajurit untuk memacu para prajurit lainnya untuk menunjukkan prestasinya kepada TNI AD, terkhusus sebagai prajurit Yon Arhanud 16/SBC.

Bukan itu saja, Kopda Rusli juga menyabet 1 perak dan 1 perunggu pada kejuaraan Piala Kasad, yang mana hal ini menambah koleksi penghargaan bagi satuannya.