Cimahi. Dalam rangka mencegah dan meluasnya bahaya Narkoba, Pussenarhanud menyelenggarakan penyuluhan dan tes urin dalam rangka Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan III TA. 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sub Direktorat Pengamanan, latihan dan territorial Kolonel Arh Djonli Kaligis,  bertempat di Aula R. Harsoyo Pussenarhanud Jl. Sriwijaya NO. 1. Selasa (24/8/2021).

Sosialisasi tersebut bertujuan agar masing-masing perorangan mengerti akan bahaya Narkoba yang merupakan musuh utama bagi Prajurit TNI terutama bangsa dan negara serta membentengi prajurit beserta keluarga dari bahaya Narkoba. Kolonel Arh Djonli Kaligis menyampaikan, bahwa penyalahgunaan Narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memperihatinkan dan cenderung semakin meningkat serta merupakan masalah bersama, sehingga memerlukan suatu strategi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk seluruh prajurit Pussenarhanud untuk mencegahnya. “Para pengguna Narkoba di Indonesia semakin tahun semakin meningkat jumlahnya, hal ini disebabkan karena ingin coba-coba, gaya hidup dan adanya tekanan hidup yang mengakibatkan penggunanya mengalami gangguan kesehatan dan kejiwaan,” jelas Kepala BNN. Menurutnya, ciri-ciri pengguna Narkoba dapat dilihat dari adanya perubahan tingkah laku, pergaulan lingkungan, kebiasaan dan gaya hidup yang tak lazim serta adanya penurunan/gangguan kesehatan secara fisik dan mental.

Kegiatan sosialisasi P4GN ini merupakan aksi nyata untuk membentengi para prajurit serta keluarganya dari pengaruh Narkoba. Mengingat peredaran Narkoba sudah merambah disegala lini dan lapisan masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya unsur kesengajaan untuk mengkonsumsi Narkoba, karna unsur coba-coba, karena unsur ketidak tahuan/tidak sengaja dan juga karna semakin lihainya para pengedar Narkoba dengan trik-trik pemasaran Narkoba yg lebih canggih dan terselubung.

Seusai Penyuluhan P4GN dilaksanakan pengambilan sampel urine dilanjutkan pengecekan urine dengan hasilnya prajurit Pussenarhanud dinyatakan negatif dari penggunaan Narkoba. (Penpussenarhanud)