Cimahi – Dirbinrenproggar Pussenarhanud, Kolonel Arh Putut Witjaksono Hadi memimpin rapat evaluasi dan persiapan PMPRB Pussenarhanud Kodiklatad yang dihadiri oleh perwakilan pejabat organisasi RB Pussenarhanud TA 2021. Rabu (19/5/2021)

Rapat evaluasi dan persiapan PMPRB tersebut bermaksud untuk memberikan gambaran dan sinkronisasi tentang hasil PMPRB TA 2020 serta langkah perbaikan kegiatan TA 2021, sehingga dapat dijadikan pedoman, masukan dan pertimbangan bagi para Kepala Bidang RB dalam pelaksanaan PMPRB kedepannya.

Dirbinrenproggar menjelaskan bahwa hasil penilaian LKE Tim PMPRB Tk. Mabesad TA 2020, Pussenarhanud telah mencapai 91,08% pada posisi ke-3 (tiga) dari seluruh Satker jajaran TNI AD setelah Puspomad dan Seskoad. Penilaian tersebut meliputi komponen pengungkit (60%) dan komponen hasil (40%). Oleh karena itu, hasil penilaian tersebut harus menjadi pemicu dan penyemangat bagi kita semua untuk memaksimalkan kegiatan PMPRB TA 2021.

Evaluasi mendasar pada hasil survei integritas jabatan pada 50 orang Prajurit dan PNS Pussenarhanud TA 2020 telah diperoleh 43% sudah mengerti tugas/tanggung jawab dan mengerti pula ukuran keberhasilan dari jabatannya; 37% sudah mengerti tugas/tanggung jawabnya, namun tidak mengerti ukuran keberhasilan dari jabatannya; dan 20% tidak mengerti terhadap tugas/tanggung jawabnya dan tidak pula mengerti ukuran keberhasilan dari jabatannya. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat sekitar 10 orang peserta survei yang tidak mengerti tugas/tanggung jawabnya, sehingga diharapkan masing-masing Prajurit dan PNS untuk memahami organisasi dan jabatannya serta mempunyai catatan Job Description masing-masing jabatan dan output serta outcome dari jabatan tersebut.

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil PMPRB TA 2021 maka ada beberapa langkah perbaikan yang harus dilaksanakan, yaitu: masing-masing bidang mendalami hasil penilaian PMPRB Tk. Mabesad TA 2020, mempelajari dan memahami LKE serta selalu update produk data dukung, menyiapkan personel yang akan melaksanakan PMPRB sehingga dapat menjawab pertanyaan di luar LKE, melaksanakan sosialisasi dalam rangka persiapan survei PMPRB Tk. Mabesad, dan melaksanakan koordinasi melekat seluruh staf yang terkait dan Sdirbinrenproggar.

Dengan demikian besar harapan kita semua agar langkah perbaikan dapat dipedomani sehingga capaian hasil PMPRB TA 2021 dapat diperoleh secara maksimal.