Penpussenarhanud. Cimahi. Bertempat di Aula R. Harsoyo Pussenarhanud Jl. Sriwijaya No. 1 Cimahi, dilaksanakan rapat Uji Naskah 1 Juknis UTP Umum Bintara dan Tamtama Arhanud. Rabu, 23/6/2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kotama dan Balakpus TNI AD yang membidangi Doktrin TNI AD. Dalam sambutan tertulisnya Danpussenarhanud yang dibacakan oleh Direktur Umum (Dirum) Pussenarhanud Brigjen TNI Hari Mulyanto, M. Sc., menyampaikan “Kegiatan rapat Uji Naskah I ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka penyusunan Juknis UTP Umum Bintara dan Tamtama Arhanud. Sebelumnya Tim Pokja sudah melaksanakan rapat internal di Pussenarhanud serta sudah melaksanakan konsultasi dengan Staf Spaban Bujuk Sdirdok Kodiklatad dan Ditajenad. Dari hasil tersebut Tim Pokja sudah mendapatkan banyak masukan baik dari segi format, tata cara penyusunan, minu maupun esensi,  dan konsep naskah yang akan  dipaparkan hari ini.”

Lebih jauh lagi Danpussenarhanud menyampaikan bahwa Satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD dalam melaksanakan tugas pokok menyelenggarakan pertahanan udara aktif tentunya memerlukan personel yang memiliki kemampuan optimal dalam mengawaki alat utama sistem senjata (Alutsista). Hal ini sejalan dengan istilah “man behind the gun” yang menggambarkan pentingnya profesionalisme prajurit dalam menentukan keberhasilan pencapaian tugas suatu organisasi. Oleh karena itu, guna mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan perorangan terhadap materi dasar militer umum dan kecabangan maka diperlukan uji terampil perorangan (UTP) Umum Bintara dan Tamtama Arhanud.

“Dengan adanya Juknis ini akan terwujud suatu standar kemampuan pengetahuan dan keterampilan perorangan Bintara dan Tamtama Arhanud sesuai yang diharapkan berdasarkan tingkat kepangkatannya, sehingga siap mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan. Selain itu, Juknis ini juga dapat digunakan sebagai sumber bahan ajaran bagi Lembaga Pendidikan Arhanud.” tambahnya.