Cimahi. ” Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) merupakan suatu proses perubahan yang tidak pernah berhenti dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani. RB di lingkungan Pussenarhanud merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola di lingkungan Pussenarhanud yang baik, bersih, efektif dan efisien. Agar pelaksanaan RB Pussenarhanud dapat berjalan sesuai dengan arah yang telah ditetapkan, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi berkala dengan melakukan PMPRB. Kegiatan PMPRB Pussenarhanud melibatkan seluruh Tim Pelaksana RB serta Tim Assessor PMPRB dan merupakan wujud komitmen serta konsistensi dari pelaksanaan RB satuan.” Demikian disampaikan Danpussenarhanud dalam awal sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Dirum Pussenarhanud Brigjen TNI Hari Mulyanto, M. Sc. dalam acara kunjungan Tim Reviu Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dari Mabesad yang diketuai oleh Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, S.E., M.M.

Kegiatan Reviu tersebut berlangsung selama dua hari muali tanggal 18 Oktober 2021 s.d 19 Oktober 2021 bertempat di Aula R. Harsoyo Pussenarhanud Jl. Sriwijaya No. 1 Cimahi.

lebih lanjut Danpussenarhanud menyampaikan, PMPRB ini juga untuk mengetahui dan menilai sejauh mana kemajuan dari pelaksanaannya di seluruh bidang RB. Hasil pengecekan dari masing-masing bidang RB baik komponen pengungkit maupun komponen hasil berdasarkan 8 (delapan) area perubahan RB harus ditinjau ulang. Kegiatan reviu PMPRB ini dilakukan untuk memastikan bahwa hasil capaian output dan outcome dari masing-masing bidang RB sudah sesuai dengan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yang ada. Reviu PMPRB ini juga untuk menentukan nilai capaian akhir dari komponen pengungkit dan komponen hasil pelaksanaan RB Pussenarhanud Kodiklatad.

Dalam akhir sambutannya Danpussenarhanud mengajak untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis, saling ada keterbukaan, saling percaya dan adanya komunikasi timbal balik yang baik. Apabila Tim Reviu menemukan adanya kekurangan dalam pelaksanaan PMPRB, saya berharap adanya koreksi sekaligus arahan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyempurnaan ke depan. Kepada para Ketua Bidang dan tim pelaksana RB agar memberikan data dukung yang dibutuhkan sebagai bukti pelaksnaan RB dan sempurnakan LKE PMPRB dengan senantiasa berkoordinasi dengan Tim Reviu dari Mabesad.