Penpussenarhanud. Cimahi.  ”Aktualisasikan nilai-nilai Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di tengah pandemi  Covid-19 guna mewujudkan TNI AD kuat, solid, profesional dan dicintai rakyat”. Demikian tema pada peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 H yang dilaksanakan di Aula R. Harsoyo Pussenarhanud Jl. Sriwijaya No. 1 Cimahi, Kamis 29 April 2021

Pada kesempatan tersebut bertindak sebagai penceramah Bapak KH. Maulana Harun Al Rasyid pimpinan Pondok Pesantren Misykatul Mashobih mengatakan bahwa di dalam Kitab Suci Al-Qur’an terdapat banyak pelajaran, nasihat-nasihat dan peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa. Nasihat yang terdapat di dalam Kitab Suci Al-Qur’an berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.  Selain itu, di dalamnya   juga terdapat konsep hidup manusia dalam segala bidang yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, akan tetapi juga mengatur hubungan antara sesama manusia bahkan dengan alam lingkungannya.

Sementara itu, Komandan Pusat Kesenjataan Arhanud (Danpussenarhanud) Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kitab Suci Al-Qur’an merupakan wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan Nabi terakhir di suatu tempat yang dikenal dengan  Gua Hira yang kemudian dinamakan Jabal Nur, yaitu gunung yang bercahaya, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Oleh karena itu,  tanggal 17 Ramadhan merupakan tonggak panjang dalam sejarah umat manusia, yang telah memisahkan antara zaman kegelapan dengan zaman terang benderang.

Di akhir sambutannya Danpussenahanud berharap agar uraian  hikmah Nuzulul Qur’an ini dapat dijadikan bahan untuk dipedomani dan diamalkan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Nisan Setiadi S.E., Wadanpussenarhanud Brigjen TNI Erwin Septiansyah, S.I.P., Para Direktur, Para Direktur Pembinaan, para Pamen Ahli, perwakilan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XV Pussenarhanud PG Kodiklatad dan seluruh anggota Militer dan PNS Pussenarhanud yang beragama Islam.

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.