Cimahi, Pussenarhanud Kodiklatad menggelar kegiatan pembinaan mental, ideologi, kejuangan (Bintalidjuang) kepada seluruh organik baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS di Aula R. Harsoyo, Mapussenarhanud Kodiklatad, Rabu (25/11). Pada kesempatan tersebut, pemberian materi ceramah pembinaan diisi oleh Dirum Pussenarhanud Brigjen Hari Mulyanto,M.Sc.

Kegiatan ini selain untuk melaksanakan program kerja (Progja) Pussenarhanud Kodiklatad di Triwulan IV juga bertujuan agar prajurit dan PNS Pussenif memiliki mental yang tangguh dalam setiap melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sehingga menjadi penangkal radikalisme, yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa sebagai tuntutan prajurit dan PNS dalam melaksanakan tugasnya, khususnya disiplin dalam kehidupan pribadi di satuan maupun di lingkungan masyarakat.

Bimbingan ideologi kejuangan diberikan untuk meningkatkan nasionalisme dan militansi prajurit dan PNS sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. “Bintalidjuang sebagai tameng setiap diri sebagai WNI dalam menyaring dan menangkal ideologi asing yang masuk dan bertentangan dengan Pancasila, termasuk di tengah masyarakat,” jelas Brigjen Hari.

Bimbingan mental kejuangan (militansi) adalah sifat pantang menyerah, rela berkorban, semangat juang dan etos kerja. Sedangkan bintal ideologi (nasionalisme) adalah soliditas, disiplin, kesetiaan kepada NKRI yang mengacu pada nilai-nilai yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan (NKRI, Pancasila, UUD RI 1945 dan Bhineka Tunggal Ika) sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Ditekankan bahwa Bintalidjuang harus dipahami dengan baik oleh seluruh warga Pussenarhanud Kodiklatad agar dapat menggugah semangat nasionalisme, patriotisme, heroisme dan menumbuh suburkan motivasi juang militansi keprajuritan untuk semakin memantapkan komitmennya dalam mewujudkan diri sebagai prajurit dan PNS yang tangguh, berdisiplin, profesional serta senantiasa menjunjung semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan kiranya kebaikan-kebaikan ini senantiasa kita lakukan untuk kejayaan Angkatan Darat, bangsa dan negara tercinta. Intinya bahwa, dilaksanakannya pembinaan mental ideologi dan kejuangan harus membawa perubahan positif dalam kehidupan kita sebagai prajurit dan PNS aparat negara. (Penerangan Pussenarhanud)