Tangerang Selatan. Batalyon Arhanud 1/Kostrad menggelar Alutsista dalam latihan pertahanan udara yang dilaksanakan di sekitar Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (04/05/2021)

Dalam latihan tersebut sejumlah Alutsista pertahanan udara digelar, yaitu Rudal Mistral yang memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi dan Radar Hanud. Alutsista ini merupakan salah satu senjata andalan TNI AD dalam menangkal serangan udara.

“Dalam latihan ini kami mengerahkan Alutsista Rudal Mistral, baik yang menggunakan platform MANPADS (Man Portable Air Defense System) maupun platform mobile MPCV (Multi Purpose Combat Vehicle). Di samping itu juga ada Radar Hanud buatan Thales, Perancis, sebagai mata dan telinga satuan dalam mendeteksi pesawat udara,” ujar Komandan Batalyon, Letkol Arh Helmy.

Rudal Mistral merupakan salah satu Alutsista terbaru TNI AD yang menggunakan teknologi canggih. Peralatan yang disematkan di Rudal ini dirancang untuk menghadapi ancaman udara mulai dari pesawat tempur, rudal balistik, hingga drone. Selain memiliki mobilitas yang tinggi, Alutsista ini mampu mendeteksi, mengikuti, dan mengunci, serta menghancurkan sasaran udara musuh menggunakan sensor infra merah.

“Latihan ini kami laksanakan secara rutin dengan harapan para prajurit akan semakin terasah pengetahuan dan keterampilannya dalam mengawaki Alutsista di berbagai lokasi dan situasi. Termasuk dalam situasi hujan seperti siang hari ini, prajurit harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik”, sambung perwira lulusan Akademi Militer itu.

Lebih lanjut, Letkol Helmy menerangkan bahwa latihan ini bertujuan agar prajurit beserta Alutsista Yonarhanud 1/Kostrad dapat selalu teruji dan siap operasional untuk ditugaskan di manapun di seluruh wilayah Nusantara.
Jayalah TNI Angkatan Darat.