Komandan Pusat Kesenjataan Arhanud (Danpussenarhanud) Mayor Jenderal TNI Nisan Setiadi., Kamis (16/07/2020) melakukan pembaretan kepada 177 prajurit muda Arhanud bertempat di Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud) Kota Batu. Dengan kegiatan pembaretan ini, berarti prajurit-prajurit muda tersebut telah resmi menjadi keluarga besar Korps Arhanud TNI AD dan selanjutnya mereka siap ditugaskan ke seluruh satuan Arhanud di seluruh wilayah NKRI.

”Hari ini adalah upacara pembaretan untuk prajurit Arhanud yang baru masuk korps Arhanud,” kata Danpussenarhanud. Para prajurit ini, sebelumnya dididik di Rindam, kemudian dikirim ke masing-masing korps, salah satunya korps Arhanud ini. Pada kesempatan tersebut Danpussenarhanud menyampaikan, “ acara pembaretan ini merupakan momen penting atau sakral untuk parjurit Arhanud. Lantaran, ini menjadi simbol bahwa yang bersangkutan sudah resmi menjadi prajurit Arhanud TNI Angkatan Darat (AD). ”Pembaretan bukan hanya seremonial belaka, tapi juga untuk menanamkan semangat jiwa korsa,” tegas Nisan. Dengan adanya penambahan personel ini, diharapkan akan menambah kekuatan, ketangguhan, dan keandalan satuan Arhanud yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. ”Jadi, dengan adanya kekuatan baru sebanyak 177 orang ini, satuan Arhanud bisa semakin jaya dan kuat,” kata Nisan.

Untuk melengkapi kekuatan para prajurit tersebut, Arhanud ke depan akan menambah alat utama sistem senjata (alutsista) seperti rudal yang modern dan lebih canggih. Danpussenarhanud menghimbau agar para prajurit muda ini terus belajar dan berlatih mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal itu untuk menjadi prajurit Arhanud yang handal, hebat, dan tangguh. ”Mereka juga harus menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai Arhanud di mana pun mereka berada karena mulai hari ini mereka sudah resmi menjadi prajurit Arhanud,” tegas dia.

Upacara pembaretan tersebut juga dihadiri Direktur Pembinaan Pendidikan (Dirbindik) Pussenarhanud Kolonel ARH Mandrawan Suseno, Danpusdik Arhanud Brigjen TNI Elman Nawendro MSc, Dirsen Pussenarhanud Brigjen TNI Dedi Solihin, Danpoltekad Brigjen TNI Dr Nugraha Gumilar MSc, dan Dandohar Sista Arhanud Letkol ARH Edi Nugraha.