Batu, “Segera beradaptasi dengan  kondisi lingkungan sosial masyarakat di lingkungan Yonarhanud 9/AWJ dan jangan sampai mau diadu domba dengan siapapun, loyal sesama rekan dan kepada Komandan, kompak sehingga tercipta hubungan yang selaras dan serasi. Jaga komunikasi dengan Polri dan Instansi lain di sekitar Yonarhanud 9/AWJ”. Demikian disampaikan oleh Pgs. Danpussenarhanud Brigjen TNI Erwin Septiansyah, S.I.P. dalam amanatnya ketika membuka kegiatan Pembekalan Teknik Kecabangan Arhanud kepada personel yang akan bertugas disatuan baru Yonarhanud 9/AWJ Kodam IX/Udayana bertempat di Aula A.H. Nasution Pusdikarhanud Jun rejo, Batu, Malang. Selasa, 11/1/2022.

Ditambahkan pula bahwa saat ini masyarakat NTT meraih predikat tertinggi dalam tingkat kerukunan beragama di Indonesia dengan indeks 83%, harapannya dengan kehadiran anggota Yonarhanud 9 /AWJ, tingkat kerukunan beragama masyarakat di NTT akan semakin tinggi.

Selanjutnya Pgs. Danpussenarhanud meminta kepada Letkol Arh Kiki Aji Wirawan yang terpilih menjadi Komandan Batalyon Arhanud 9/AWJ Pertama agar mengendalikan anggota, memiliki target kinerja secara bertahap bertingkat dan berlanjut, tidak terlarut dengan keadaan. Memiliki kecerdasan sehingga mampu mengendalikan keterbatasan dengan kondisi yang ada di satuan yang baru dibentuk.

Lebih jauh Brigjen TNI Erwin menekankan agar setiap individu Prajurit Yonarhanud 9/AWJ  memiliki mimpi dan cita-cita, memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan satuan. Latih karakter dan kepribadian sehingga menjadi contoh yang baik bagi anak2 dan anggota.

Perlu diketahui bahwa dibentuknya satuan Yonarhanud 9/AWJ Kodam IX/Udayana berdasarkan Kep Kasad No Kep/491/VIII/2021 tgl 18 Agustus 2021 dengan sesanti Yonarhanud 9/AWJ Dam IX/Udayana adalah :

ANGKASA WIDYA JAYANTA yang mengandung arti “Dengan Kecerdasan Akan Membawa Kemenangan di Angkasa”

Batalyon Arhanud 9/AWJ Kodam IX/Udayana mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pertahanan udara Aktif dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk menghancurkan, meniadakan/mengurangi daya guna dan hasil guna segala bentuk ancaman udara musuh dalam rangka mendukung Tugas Pokok Dam IX/Udayana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Kesenjataan (Dirsen) Pussenarhanud Brigjen TNI Dedi Solihin, Pejabat Distribusi A Pusdikarhanud, Kasubditbinsiapsat dan Alutsista Sdirsen Pussenarhanud serta Dandohar Sista Arhanud.

Pembekalan kepada anggota Batalyon Arhanud 9/AWJ ini akan berlangsung selama 4 hari, selanjutnya akan diberangkatkan menuju Camplong Nusa Tenggara Timur. Penpussenarhanud.