Cimahi, Inspektorat Pussenarhanud Brigjen TNI Hindro Martono memimpin acara Taklimat Awal Wasrik Internal Post Audit Itpussenarhanud TA 2021 bertempat di Aula R. Harsoyo Mapussenarhanud Jl. Sriwijaya Raya No. 1, Setiamanah, Kec. Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (18/1).

Pada kesempatan tersebut, Irpussenarhanud memberikan sambutan bahwa tujuan dilaksanakan Wasrik Internal Post Audit adalah sesuai dengan ST dari Pimpinan TNI AD dalam upaya mempertahankan status WTP yang telah diperoleh pada tahun sebelumnya. Program Kerja dan Anggaran TA 2020 yang telah selesai dilaksanakan harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga terhindar dari penyimpangan.

“Kita perlu mengevaluasi dan menginventarisir temuan-temuan Wasrik di Pussenarhanud pada Progja TA 2020 yang telah kita laksanakan agar dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan serta rekomendasi yang telah diberikan di dalam melaksanakan program tersebut. Karena tentunya masih banyak yang perlu disinkronkan dengan aturan yang berlaku sehingga dapat terhindar dari potensi penyimpangan terhadap perbedaan di lingkungan Kementrian Pertahanan TNI dan TNI AD.” pungkas Brigjen TNI Hindro.

Sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Komando atas bahwa fungsi pengawasan dan pemeriksaan ini pada hakekatnya merupakan salah satu proses manajemen yaitu fungsi kontrol dan merupakan alat kendali bagi penyelenggaraan sistem pengawasan oleh satuan fungsional. Disamping itu, pengawasan dan pemeriksaan ini juga merupakan upaya preventif dan langkah efisiensi, sehingga mekanisme kerja organisasi dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya kesalahan dan penyimpangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Sejalan dengan itu pengawasan merupakan bagian dari upaya untuk membuat  organisasi menjadi  benar-benar   efektif   dan   efisien.  Kebijaksanaan penyelenggaraan wasrik dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran program, berorientasi kepada efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Sejalan dengan pelaksanaan Wasrik Itpussenarhanud Kodiklatad yang dilaksanakan kali ini tidak terlepas dari fungsi pengawasan dalam organisasi yang mempunyai peranan sangat penting dengan tujuan untuk mengetahui  agar tidak ada penyimpangan dan kelalaian dalam pelaksanaan tugas.

Oleh karena itu, kepada satuan yang menjadi obyek Pemeriksaan harus dipahami bahwa   tugas Tim   pengawasan   dan pemeriksaan ini sebagai bagian dari upaya untuk menghindari terjadinya kesalahan, kecurangan ataupun penyimpangan demi efisiensi  dan  efektivitas   dalam   pelaksanaan  tugas, serta sebagai upaya untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran yang telah dilaksanakan disetiap Satuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Direktur, Dirbin, para Kabag serta pembuat Wabku dari masing-masing Staf Pussenarhanud Kodiklatad. Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan selama kurang lebih 3 hari kedepan. (Penerangan Pussenarhanud)